Dunia Sophie - Catatan Jito Tilman

Dunia Sophie


-------------------------------------------------------------

Tahun 2019 bulan itu,saya di kecewakan oleh mantan saya.Saya patah hati.Galau dan kecewa berat.

   Mungkin karena terlalu patah hati.Tuhan mempertemukan saya dengan Kakak Minci Melisa.Sayapun di ajak untuk belajar bersama di Circles Indonesia.Belajarnya lewat  Zoom ,Kadang lewat Whatsap.Karena materi yang di ajarin hampir semua filsafat,Teologi,Psikologi dann lainya.Sayapun membeli buku-buku filsafat,Teologi,Sastra,Psikologi .Kalau novel sih saya sudah banyak koleksinya.hehehe

     Saya ke toko buku dekat Stasiun Pasar Turi.Beberapa menit dalam toko buku itu saya mondar-mandir ,Pak Edi ,Pemilik toko itu bertanya mas nyari buku apa?Saya awalnyanya hanya diam.Tapi pak Edi bertanya lagi.Sayapun menjawabnya, saya mencari buku filsafat.Bukunya siapa ?,tanyanya lagi.Josten Garder.Mas nyari yang ini ? Benar pak,Itu yang saya nyari.

    Karena tidak ada harga di sampul bukunya,saya tanya ,Berapa pak ? Cuman 30 ribu mas.Saya bicara dalam hati,ko murah,padahal di toko online 147 ribu.Saya langsung ambil uang 30 ribu untuk bayar.Buku ini sangat bagus mas.Josten Garder menyajikan sejarah filsafat dalam bentuk novel adalah suatu hal yang unik.Pak sudah baca?Pak suka buku ?

     Kamipun bercerita banyak hal.Dari pak edi memulai usahanya ini,tentang filsafat ,Tentang agama,Pak edi juga ceritain Penulis kesukaanya ,dan lainnya.

   Singkat cerita saya pun pulang karena sudah jam 7 malam.Asik ngobol sampai lupa jam pulang .Mas hati-hatinya ia pulang.Baik pak,terima kasih.


Buku yang sangat bagus.Di mana Jostein Garder menyajikan sejarah filsafat dalam bentuk novel.Dengan cara ini,Filsafat yang terkesan sulit dan berat untuk di pelajari dapat di sampaikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah di cerna.

    Jostein Garder lahir di Oslo,Norwegia pada tahun 1952.Dia memulai karier sastranya pada tahun 1986 dengan kumpulan cerita pendek,di susul oleh dua novel untuk remaja.Pada tahun 1990,dia menerima penghargaan dari Norwegian Leterary Critics dan hadiah sastra dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk bukunya The Solitaire Mystery.

   Buku terbit dalam bahasa Norwegia dengan Judul "Sofie's Verden dan buku ini sudah di terjemahkan kedalam berbagai bahasa di seluruh dunia.Tebalnya 800 halaman.


     Buku Dunia Sophie bisa menjadi alternatif pilihan bacaan. Buku keempat karya Jostein Gaarder yang dibuat pada tahun 1991 ini merupakan salah satu karya yang popular di Norwegia. Kali ini kita akan membahas lebih dalam buku Dunia Sophie.

Buku ini bercerita tentang seorang gadis bernama Sophie Amundsen yang tinggal hanya berdua dengan ibunya di pinggiran kota di Norwegia. Sebagai gadis umur empat belas tahun Sophie terbiasa dengan misteri kehidupan sampai ia menemukan surat berisi  Siapakah  Kamu?Dari mana asalnya dunia yang dialamatkan pada Hilde Møller Knag, d/a Sophie Amundse.

Lewat pertanyaan sederhana ini Sophie memulai petualang mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang tertulis dalam surat misterius tersebut. Dan siapa sangka Sophie beruntung dapat bertemu dan belajar langsung dari si pengirim surat sekaligus seorang filsuf berumur lima puluh tahun, Alberto Knox.

Lewat buku Dunia Sophie pembaca seperti saya ,anda dan kalian semua yang pecinta buku, akan dibawa untuk mengenal lebih dalam mengenai pertanyaan-pertanyaan yang selama ini tidak pernah dipertanyakan dan tidak pernah terpikirkan. Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, pembaca akan dibawa memahami siapa dirinya sendiri dan dari mana datangnya dunia ini.

Buku ini akan menambah wawasan kita akan semakin bertambah dengan kisah para filsuf yang berusaha menemukan jawaban yang selama ini menjadi misteri bagi mereka. Kelebihan buku ini adalah memaparkan setiap pemikiran filsuf dari setiap era, mulai dari klasik hingga kontemporer menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh orang yang sama sekali belum pernah belajar filsafat.

     

      



------------------------------------------------

Jangan lupa punya bukunya atau pinjam temanmu yg suka filsafat untuk kamu baca !!


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.