Orang Katolik Menyembah Patung ? - Catatan Jito Tilman

Orang Katolik Menyembah Patung ?

Orang khatolik menyembah patung ?
Pertanyaan di atas,sering muncul ketika bertemu orang-orang baru yang beda agama dan bahkan Kristen Protestan pun,Sering kali  mereka memberikan pertanyaan : Mengapa orang Khatolik menyembah patung ?
Akan saya jelaskan bahwa
Saudara-saudari yang Kristen protestan biasanya  mnggunakan pendasaran kitab suci  untuk mnguatkan argumen mereka. 
Hal ini karena mereka meyakini 3 hal yakni --sola fide, 
--sola gratia, 
--dan sola scriptura. 

 Berbeda dgn pemahaman katolik yg percaya akan 3 sumber yakni, 
--Tradisi, 
--Kitab Suci, 
--dan Magisterium gereja.

Karena berpatokan pada Sola Scriptura, org protestan ada kalanya mengkritik umat katolik yg menghormati patung atau ikon-ikon Gereja seperti gambar-gambar para kudus sebagai pemujaan atau penyembahan berhala. Seringkali mereka mnggunakan pendasaran kitab suci yakni dari kitab Keluaran bab 20: 4 yang berbunyi " Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi". Sebab Allah cemburu kalau Israel memuja patung2 itu. Kira2 seperti itu.
Allah dalam Perjanjian Lama gambarannya adalah Allah yang cemburu, murka, suka menghukum., Berbeda dengan Allah Perjanjian Baru yang digambarkan sebagai Allah yang penuh cinta kasih, maha rahim, dan mmbawa kedamaian. Seperti itulah orang protestan mengatakan bahwa Allah akan cemburu dan murka jika umat katolik mnyembah patung. 

     Yang perlu kita luruskan ialah umat katolik tidak menyembah patung melainkan umat katolik menyembah sosok di balik patung itu yakni Allah sendiri. Jadi patung sebagai sarana yang menghadirkan Allah, atau sebagai representasi dari Allah. Dasar biblisnya kita lihat di kitab Bilangan 21 : 9, ketika umat Israel bertobat maka Allah menyuruh Musa untuk membuat ular tembaga dan menaruhnya pada sebuah tiang, maka jika seorang dipagut orang, dan ia memandang kepada ular tembaga itu, tetaplah ia hidup. Ayat lainnya ialah Keluaran 25: 18-19 dimana Allah meminta untuk membuat 2 kerub dari emas, dan harus dibuat dari emas tempaan.  Kerub adalah patung makhluk surgawi bersayap. Kerub jamaknya adalah Kerubim. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.